Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 07 November 2011

Planet Yang Keadaannya Mirip Dengan Bumi Telah Ditemukan

0 komentar
Benarkah adanya planet ini?
Planet ini tentu saja sangat unik, karena planet ini termasuk dalam kategori planet layak huni. Bisakah manusia hidup disana? Apakah disana terdapat makhluk hidup?? Kita tuntaskan dengan membaca artikel ini!

Para Astronom Eropa mengumumkan bahwa Gliese 581 c adalah bumi super, planet diluar tata surya yang keadaannya mirip dengan Bumi. Planet ini mengitari bintang kerdil Gliese 581, yang berwarna merah dan jauhnya kira-kira 20.5 tahun cahaya (198 triliun km) dari Bumi dan terletak di rasi bintang Libra.Planet ini ditemukan oleh tim Stephan Udry dari Observatorium Jenewa di Swiss menggunakan HARPS (High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher) yang dipasang pada teleskop 3,6 m di European Southern Observatory, La Silla, Chili. Tim menggunakan teknik kecepatan radial. Tim ini sekarang bermaksud untuk menggunakan teleskop MOST yang dibangun di kanada untuk pengamatan nantinya terhadap Planet itu. Temperatur normal planet ini berkisar dari 0–40 °C (32–104 °F), Gliese 581 c mungkin adalah planet di luar tatasurya pertama yang mirip dengan Bumi. Massa planet ini sekitar lima kali Bumi, dan merupakan planet terkecil yang ditemukan di luar tata surya hingga saat ini. Gliese 581 c memiliki periode orbit 13 hari Bumi dan mengorbit 14 kali lebih dekat kepada bintang utamanya daripada orbit Bumi mengelilingi Matahari, sekitar 11 juta kilometer dari bintangnya, sementara Bumi berjarak 150 juta kilometer dari Matahari.
Karena memiliki suhu rata-rata 0-40 °C, dalam planet ini dapat ditemuakan air dalam bentuk cair. Air sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup, kemungkinan makhluk hidup untuk hidup di planet itu cukup besar.
Namun, tim peneliti dari pusat studi perubahan iklim Jerman menyanggahnya. Hasil Analisis Gliese 581c, adalah bahwa metana dan karbondioksida yang ada di atmosfer Gliese 581c menimbulkan efek rumah kaca, sehingga suhunya jauh diatas suhu 100 derajat.
Gliese 581 c memiliki beberapa tantangan untuk dijelajahi dan dipelajari. Planet ini tidak pernah secara langsung diamati, dan pencarian akan tanda-tanda kehidupan akan memakan waktu beberapa tahun. Namun, menurut anggota tim peneliti Xavier Delfosse: Karena suhunya dan jaraknya yang relatif dekat, planet ini akan menjadi target paling penting dalam misi luar angkasa di masa depan yang untuk mencari kehidupan luar angkasa. Dalam peta harta karun angkasa luar, kita akan tergiur untuk menandai planet ini dengan tanda X.
Jika satelit dikirim dari Bumi untuk mengeksplorasi Gliese 581, akan memakan waktu 20,5 tahun untuk mencapainya dalam kecepatan cahaya.
Dimitar Sasseloy dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, yang mempelajari struktur dan formasi planet, mengatakan, “20 tahun cahaya. Kita bisa pergi ke sana."

0 komentar:

Posting Komentar

Recent

 
FahranLog | © 2011 Design by DheTemplate.com and Theme 2 Blog

Find more free Blogger templates at DheTemplate.com - Daily Updates Free Blogger Templates