Diberdayakan oleh Blogger.
Jumat, 21 Oktober 2011

Makanan Manis Bisa Merusak Mata

1 komentar
Sekarang ada peringatan buat sahabat Blogger yang doyan makan makanan manis. Ternyata makanan manis tidak hanya merusak gigi, namun dapat merusak mata. Mengapa begitu?? Baca saja artikel ini, Check it out

“Mata bukan segala-galanya, tetapi tanpa mata, segala-galanya tidak ada artinya…”
MATA adalah indra yang sangat penting bagi manusia. Bayanglan saja jika tidak ada mata, tidak nyaman bukan. Karena itu, menjaga kesehatan mata WAJIB dilakukan agar aktivitas hidup tidak terganggu.
Faktanya, di Indonesia banyak orang yang terganggu matanya atau bahkan menderita kebutaan. Dari 200 juta lebih penduduk Indonesia, 1,5% atau 3 juta penduduk Indonesia buta. Sebab kebutaan ada karena katarak (70%), glaukoma (hampir 20%), dan penyakit retina (12-13%).
Penyakit atau gangguan pada mata ini selain karena degenerasi, yakni makin tinggi usia seseorang akan meningkatkan gangguan pada mata, juga oleh hal-hal lain, seperti pola makan yang kurang benar, lingkungan hidup, kebiasaan mereka, ras atau keturunan dan juga genetik. Jadi, hiduplah dengan sehat, makan tidak berlebihan dan kekurangan serta jaga lingkungan tetap bersih
Ada penyakit lain yang harus diwaspadai, seperti diabetes yang bisa mengakibatkan retino diabetika. “Mereka yang mengalami gangguan retina terbanyak, 80% di antaranya karena diabetes,” kata Direktur Jakarta Eye Center (JEC) dr Darwan M Purba SpM saat peresmian JEC Retina Center di Jakarta.
Untuk mencegahnya, tak ada jalan lain kecuali menjaga pola makan-terutama menghindari MAKANAN MANIS. Ini agar tidak terkena diabetes.RETINO diabetika adalah komplikasi dari kencing manis yang mengganggu mata. Keadaan ini disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah yang memberi makan retina di mata bagian belakang.
Pembuluh darah yang melemah ini dapat bocor dan keluar cairan atau darah, membuat cabang-cabang abnormal yang rapuh dan di tempat- tempat tertentu dapat membesar*serem*. Retina adalah bagian mata tempat difokuskannya cahaya yang masuk melewati lensa mata.
Cahaya yang telah terfokus membentuk bayangan dan gambar inilah yang dibawa ke otak oleh saraf optik. Bila pembuluh darah mata bocor atau jaringan parut terbentuk di retina, bayangan yang dikirim ke otak menjadi kabur.

Lalu ada tidak cara mencegah penyakit mata??
Of course, Dimana ada penyakit disitu ada solusi *hehe*. Hindari sinar matahari langsung, atur pola makan, sering mengistirahatkan mata dan mengkonsumsi buah manggis. Buah manggis dipilih karena mengandung XANthones, yang memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk mencegah kebutaan, mencegah dari penyakit kanker, menetralisir radikal bebas yang masuk atau diproduksi dalam tubuh, mencegah berbagai penyakit jantung, serta mencegah penuaan organ tubuh.
Sekian dulu Sahabat Blogger, semoga bermanfaat.

1 komentar:

bloglabnanik mengatakan...

Ternyata selain ahli fisika ghifar juga peduli terhadap perkembangan ilmu biologi(ya iyalah science gitu lho) supaya jadi peket yang komplit. oke jadikan harimu makin bermakna.

Posting Komentar

Recent

 
FahranLog | © 2011 Design by DheTemplate.com and Theme 2 Blog

Find more free Blogger templates at DheTemplate.com - Daily Updates Free Blogger Templates