Diberdayakan oleh Blogger.
Sabtu, 05 November 2011

Proyek Genome Manusia, Part 1

1 komentar
Proyek ini akan sangat berguna karena kita dapat membuat peta gen yang sangat bermanfaat untuk kehidupan, kesehatan,dll. Tunggu apa lagi?? baca artikel ini!!

Proyek ini mulai dikerjakan sejak tahun 1990 di Pusat Penelitian Kanker Nasional Amerika. Proyek ini bertujuan meneliti 3 miliyar pasang basa sel manusia dan menentukan urutannya, serta membuat peta gen manusia. Sebenarnya, unutk apa peta gen ini dibuat??? Sebenarnya, apabila peta gen manusia telah sempurna, penyakit yang belum ditemukan obatnya, dapat diobati dengan gen. Karena itu, dengan adanya peta gen ini, kita dapat mengetahui kromosom yang bermasalah ada di nomor urutan berapa serta dapat mengetahui letaknya. Dengan ini, gen yang rusak dapat diganti dengan gen yang sehat, bahkan dapat mencegah penyakit itu muncul. Mungkin saja, di masa depan tidak ada lagi manusia yang sakit.
Gambar di atas ini adalah peta gen yang telah ditemukan, rata-rata antara nomor urut 20 hingga 30 banyak ditemukan penyakit keturunan, tepatnya di nomor urut 22. Ajaibnya, peta gen nomor urut 22 telah dipetakan dengan sempurna karena peta gen nomor urut 22 adalah salah satu yang paling kecil, sehingga mudah dikodekan. Menurut perkiraan para ilmuwan, tahun 2015 kanker bisa disembuhkan, serta tahun 2030 semua penyebab penyakit akan ditemukan dan pembuatan organ tubuh buatan akan lebih maju. Dengan demikian kita bisa hidup sehat dan panjang umur. Tetapi, akan lebih baik bukan? Bila kita tidak pernah tua dan hidup lebih lama?? Itu bisa saja ter jadi!!

Kita dapat hidup lebih lama dengan meneliti kromosom. Apa itu kromosom?? Kromosom (Bahasa Yunani: chroma, warna; dan soma, badan) merupakan struktur di dalam sel berupa deret panjang molekul yang terdiri dari satu molel DNA dan berbagai protein terkait yang merupakan informasi genetik suatu organisme. Setiap kromosom memiliki dua lengan, yang pendek disebut lengan p (dari bahasa perancis petit yang berarti kecil) dan lengan yang panjang lengan q (q mengikuti p dalam alfabet atau lebih mudahnya lawan dari p, yaitu besar), bagian tengah disebut Centromer. Tiap ujung lengan disebut Tellomer. Bagian ini berhubungan dengan umur dan lama hidup manusia. Jika ilmuwan dapat mengkodekan Tellomer, manusia akan selalu muda dan hidup lama. Menurut ilmuwan, pada tahun 2050 manusia dapat hidup sampai umur 120 tahun. Menurut dokter Seymour Bench dari Pusat Studi Teknologi Califfornia, Amerika Serikat, manusia dapat hidup hingga 1.200 tahun. Terlebih lagi rupa kita hingga berumur 1.200 tahun tetap seperti sekarang ini atau seperti saat kita muda.
Sekian dulu artkel ini, nanti saya akan lanjutkan ke part 2, semoga bermanfaat.

1 komentar:

bloglabnanik mengatakan...

aduhhhh lumayan berat nih muatannya, perlu diperjelas dengan kalimat lebih sederhana ya agar tidak membuat puyeng yang kurang mampu menjangkau isi muatannya,oke...

Posting Komentar

Recent

 
FahranLog | © 2011 Design by DheTemplate.com and Theme 2 Blog

Find more free Blogger templates at DheTemplate.com - Daily Updates Free Blogger Templates